Whatsap Saya

Jawatan Kosong Kerajaan & Swasta Terkini 2020

koleksi kitab

Wednesday, September 9, 2015

Apa Makna Jumhur ?

Tak sama maksud jumhur ulama dengan ijma' ulama. Jumhur ulama mksdnya pendapat majoriti ulama manakala ijma ulama adalah kesepakatan ulama. Jika ada pendapat yg keluar dari ijma, mksdnya itu adalah pendapat syaz (ganjil) biarpun ia keluar dari mufti tempatan.
Sumber hukum kita ada 4 : al Quran, sunnah, qias dan ijma' ulama. Kenapa ijma' ulama penting? Kerana ramai yg mengaku mengikut alQuran dan sunnah baik syiah, wahhabi dsbnya. Jadi adalah menjadi sesuatu yg pelik jika tiba-tiba ada pendapat yg keluar dari kesepakatan para ulama mujtahid. Maksudnya di sini, ada masalahlah dengan pendapat tersebut. Jika ada perkara yg khilaf pula, lebih elok ambil yg jumhur mengikut uruf sesuatu tempat kecuali menggunakan pendapat yg tidak jumhur tersebut untuk keluar dari perkara yg sangat sulit. Wallahua'lam
Ustaz Uthman


Fatwa Ulama: Apa Makna Jumhur ?


Apa yang dimaksud dengan jumhur? Jumhur artinya mayoritas. Ketika dalam suatu bahasan kami mengatakan "Syafi'iyyah berpendapat demikian..", lalu diujung bahasan kami mengatakan "Jumhur berpendapat ...", maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Syafi'iyyah

Fatwa Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman hafizhahullah



Soal:
Apa yang dimaksud dengan jumhur?
Jawab:
Jumhur artinya mayoritas. Ketika dalam suatu bahasan kami mengatakan “Syafi’iyyah berpendapat demikian..“, lalu diujung bahasan kami mengatakan “Jumhur berpendapat …“, maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Syafi’iyyah. Jika kami mengatakan “Hanafiyyah berpendapat…“, lalu setelah itu kami mengatakan “Jumhur berpendapat …“, maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Hanafiyyah.
Demikian juga jika dalam suatu masalah ada tiga pendapat. Misalnya saya berkata “pendapat Asy Syafi’i begini, pendapat Abu Hanifah begitu, dan pendapat dua imam yang lain adalah begini..“. Maka di sini ada pendapat Asy Syafi’i, Abu Hanifah dan pendapat jumhur, dua imam yang lain yaitu Ahmad dan Malik di sini menjadi jumhur terhadap masing-masing pendapat Asy Syafi’i dan Abu Hanifah. Demikian perkaranya jika kita menemukan istilah jumhur di kitab-kitab perbandingan madzhab yang bertujuan menjelaskan khilaf diantara madzhab yang empat.
Sedangkan pada kitab-kitab yang bertujuan menjelaskan fiqih salaf yaitu pendapatpara sahabat Nabi dan juga tabi’in, maka ketika disebut ‘jumhur‘ artinya adalah ‘ulama selain dari yang sudah disebutkan‘. Misalnya dikatakan “pendapat jumhur salaf begini…” lalu setelah itu dikatakan “pendapat Asy Sya’bi, Qatadah, dan Al Hasan adalah begitu…“, maka maksud ‘jumhur’ di sini adalah selain Asy Sya’bi, Qatadah, dan Al Hasan tidak diketahui adanya khilaf. Atau misalnya dikatakan “pendapat jumhur sahabat adalah begini…” lalu setelah itu dikatakan “pendapat Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah adalah begitu…“, maka maksud ‘jumhur’ di sini adalah selain Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah tidak diketahui adanya khilaf. Sehingga para sahabat selain Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah termasuk dalam jumhur. Demikian, wallahu’alam.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Mesej