Whatsap Saya

Jawatan Kosong Kerajaan & Swasta Terkini 2020

koleksi kitab

Saturday, July 2, 2016

Apakah Tabayyun dan Tatsabbut ?

Apakah Tabayyun dan Tatsabbut ?

Imam Asy Syaukani rahimahullah berkata ; “Yang dimaksud dengan tabayyun adalah memeriksa dengan teliti dan yang dimaksud dengan tatsabbut adalah berhati-hati dan tidak tergesa-gesa, melihat dengan keilmuan yang dalam terhadap sebuah peristiwa dan kabar yang datang, sampai menjadi jelas dan terang baginya.” (Fathul Qadir, 5:65)
Orang fasiq yang disebutkan di dalam ayat diatas, adalah kefasikan kecil, yaitu orang-orang yang suka melakukan dosa besar tetapi tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam. Seperti suka berbohong, mengadu domba dan memutuskan perkara tanpa melakukan tabayyun (meneliti kebenarannya).

Tidak Tabayyun, memeriksa dengan teliti untuk mencari kebenarannya dari berita yang sampai kepada kita juga Tatsabbut, tergesa-gesa menerima sebuah informasi. Dapat meruntuhkan persaudara’an diantara sesama umat Islam. Sehingga akan saling menjauhi dan saling mentahjir (memboikot). Dan parahnya akan menolak seruan, nasehat, keterangan dan pelajaran dari orang atau pihak yang sudah kita tuduh melakukan kesalahan.

Jika demikian, maka akan mendatangkan kerugian dan penyesalan kelak.

فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

“Kemudian kalian menyesal atas perlakuan kalian”.

Allah Ta’ala menyebutkan penyesalan ini akan menimpa seseorang yang salah dalam membuat tuduhan karena tanpa tabayyun kepada orang atau pihak yang dituduh. Dan apabila tuduhannya tersebut keliru, maka artinya dia telah membuat kedzaliman.

Padahal Rasulullah bersabda :

وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُوْمِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ حِجَابٌ

“Dan hindarilah do’a orang yang terzhalimi. Sesungguh-nya tidak ada tabir penghalang antara do’a orang yang terzhalimi dengan Allah”. (Shahîh al-Bukhâri, al-Mazhâlim (9, 3/99).

Bijaksanalah dalam menerima kabar atau tuduhan yang di alamatkan kepada sesama umat Islam. Perhatikan bantahan dan kejelasan dari orang atau pihak yang tertuduh. Supaya kita tidak menyesal pada akhirnya.

Semoga kita dijauhkan dari fitnah dan kabar-kabar yang tidak benar.- blog.agussantosa.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Mesej